Jumat, 04 Desember 2020

Lupa User ID dan Password Internet Banking BRI? Pakai Cara Ini

Bertransaksi melalui Internet Banking BRI (IB BRI) bisa menjamin keamanan nasabah dari cyber crime. Mulai dari akses masuk, para pengguna layanan IB BRI diharuskan menginput dengan benar user ID beserta kata sandi atau password yang sesuai ketika melakukan aktivasi. Sedangkan untuk kegiatan transaksi keuangannya, terlebih dahulu para nasabah diminta memasukkan PIN tambahan yang dikirim layanan ini ke nomor seluler melalui SMS.

 


Namun seringnya para nasabah lupa dengan user ID dan password ketika hendak memakai layanan IB BRI. Masalah ini memang lumrah dialami sebagian nasabah ketika memiliki banyak akun, pelupa atau bisa jadi karena sudah lama tidak digunakan dan jarang login. Jika demikian, maka Anda butuh bantuan dari kantor cabang BRI atau BRI call center untuk menggantinya, sebab tidak dapat dilakukan sendiri.

Adapun cara mengatasi lupa akses masuk akun IB BRI melalui kantor cabang atau BRI call center tidak lama sama keduanya. Tentu saja masing-masing layanan memiliki prosedur dan syarat sendiri sehingga hasilnya bisa sedikit berbeda. Karena baik kantor cabang maupun BRI call center memiliki kelemahan dan keunggulan sendiri-sendiri.

Langkah Mengganti User ID dan Password IB BRI Baru

1. Melalui BRI Call Center

Jika Anda senang kefleksibilitasan, maka BRI call center adalah pilihan terbaik karena dapat memberikan kelebihan tersebut. Anda bisa mengganti user ID dan password IB BRI dengan yang baru tanpa harus di jam dan hari kerja. Mau di hari libur nasional, tanggal merah, libur akhir pekan bahkan tengah malam sekalipun tidak masalah. Asalkan nomor BRI call center yang dihubungi sudah benar dan memang dari layanan pusat langsung, seperti nomor berikut.

        14017 atau 021-57-987-400

Akan tetapi, setiap nasabah yang hendak melakukan pergantian user ID dan password IB BRI baru melalui layanan call center akan dikenakan tarif telepon. Sehingga dibutuhkan pulsa cukup banyak agar proses penggantian tidak terhambat di tengah jalan akibat sambungan telepon putus.

Anda dapat mengikuti instruksi dari robot yang berbicara otomatis untuk terhubung dengan pihak call center Bank BRI dan silahkan dipilih sesuai bantuan yang dibutuhkan. Ada beberapa syarat yang biasanya diminta pihak call center Bank BRI kepada para nasabah yang ingin mengganti akses akun internet bankingnya, yaitu sebagai berikut.

        Buku tabungan

        Kartu debit

        KTP

Pihak call center BRI akan menanyakan sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan data diri yang disimpan di database, dan tugas nasabah adalah menjawab semua pertanyaan dengan benar. Setelah proses ini terlewati, Anda tidak dapat langsung menggunakan akun IB yang sebelumnya lupa akses. Ini karena pihak call center hanya bisa menghapus akun, bukan mereset atau mengganti user ID dan password internet banking nasabahnya.

Setiap nasabah yang sukses melaksanakan penghapusan akun IB harus membuat akun baru dan mengaktifkannya kembali melalui ATM. Untuk cara aktivasinya sama seperti ketika Anda melakukan pendaftaran internet banking melalui ATM sebelumnya. Perlu diketahui bahwa ketika melakukan pengaktifan melalui ATM, nasabah hanya dapat melakukan transaksi non finansial.

2. Melalui Kantor Cabang BRI Terdekat

Kelemahan menggunakan layanan kantor cabang BRI terdekat untuk mengganti akses masuk akun internet banking yang nasabah lupa adalah tidak fleksibel waktu. Setiap nasabah tidak bisa mengirimkan wakil dan harus datang sendiri ke kantor cabang BRI pada jam dan hari kerja.

Berikut ini adalah cara supaya dapat mengakses kembali akun internet banking yang lupa user ID dan password dengan bantuan kantor cabang BRI terdekat.

        Siapkan dokumen penting seperti buku tabungan, nomor seluler, KTP beserta kartu debit.

        Ambil antrean dan isi formulir sesuai kebutuhan

        Petugas bank akan memanggil nama nasabah dan memintanya menyerahkan sejumlah dokumen untuk memproses user ID dan password baru.

 

Sekian dari kami mengenai masalah lupa akses masuk ke Internet Banking BRI berikut dengan cara mengatasinya. Semoga dipahami dengan baik, sekian.

Deskripsi : Internet banking BRI, ini cara mudah melakukan riset sandi menggunakan aplikasi IB BRI.

0 komentar:

Posting Komentar